Berita  

Inilah Catatan Kriminal Dari Lupa Waker KKB Puncak Jaya

Timika, mimbarpapua.com – Satgas Ops Damai Cartenz-2024 berhasil menangkap anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Puncak, Junius Waker alias Lupa Waker, di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Selasa (21/05).

Untuk diketahui identitas KKB yang ditangkap yaitu Junius Waker, jenis kelamin laki-laki, umur 21 tahun, beralamat di Kp. Kimbeli, Distrik Tembagapura. Junius Waker merupakan anggota KKB pimpinan Goliath Tabuni dan sudah bergabung sejak tahun 2015.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2024 Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani, S.Sos., S.I.K., M.H dalam kesempatannya menjelaskan Junius Waker merupakan Anggota KKB pimpinan Goliath Tabuni dan DPO Polres Puncak.

“Ya benar, Junius Waker adalah DPO Polres Puncak atas aksi Pembakaran Camp PT Unggul, Mundidok, Kabupaten Puncak. Junius Waker juga merupakan anggota KKB aktif pimpinan Goliath Tabuni, untuk perannya masih akan di dalami oleh penyidik Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz di Timika,” Ujar Ka Ops

Sementara itu, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, AKBP Dr. Bayu Suseno saat memberikan keterangan menyampaikan bahwa anggota KKB Junius Waker merupakan pelaku pembakaran camp dan alat berat milik PT. Unggul di Mundidok, Kabupaten Puncak pada bulan Februari tahun 2021 lalu.

“Junius Waker adalah DPO Polres Puncak atas aksi pembakaran camp dan alat berat milik PT. Unggul. Junius Waker alias Lupa Waker merupakan anggota KKB aktif pimpinan Goliath Tabuni yang terlibat dalam beberapa aksi penembakan,” tutur Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, AKBP. Dr. Bayu Suseno.

Adapun KKB Junius Waker alias Lupa Waker terlibat langsung dalam 3 (empat) aksi penembakan yaitu;
1. Tanggal 03 November 2017, terlibat dalam penembakan mobil LWB warna putih bertempat di MP 69
2. Tanggal 27 Maret 2020, terlibat dalam penembakan terhadap Warga Negara Asing di Kuala Kencana yang mengakibatkan 1 orang Meninggal Dunia dan 2 orang mengalami luka.
3. Tanggal 19 Desember 2019, terlibat dalam penembakan terhadap anggota TNI (Ops Nemangkawi) yang sedang Patroli yang mengakibatkan 1 anggota TNI Meninggal Dunia dan 3 orang anggota TNI.

AKBP. Dr. Bayu Suseno menambahkan bahwa saat ini anggota KKB Junius Waker alias Lupa Waker masih berada di Posko Satgas Ops Damai Cartenz-2024 di Timika untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Ya tersangka Junius Waker masih berada di Posko ODC di Timika untuk menjalani proses pemeriksaan guna mengetahui peranannya di KKB Puncak Pimpinan Goliath Tabuni,” Pungkas Bayu. (Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *