Berita  

SMK Don Bosco Gelar Uji Kompetensi Bagi 54 Siswa Kelas 12

Timika, mimbarpapua.com – Sekolah Kejuruan SMK Swasta St Don Bosco Timika menggelar kegiatan Uji Kompetensi (UK) bagi siswa kelas 12.pada Senin (18/3/2024). Pembukaan UK dihadiri Pengawas SMK dari.Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Ibu Sutiani, SPd. Siswa yang mengikuti uji kompetensi sebanyak 54 orang terdiri dari dua jurusan yakni Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Jurusan Pengelasan (Welder).

Pengawas SMK dari Dinas Pendidikan, Ibu Sutiani, SPd dalam sambutan menuturkan kompetensi itu syarat bagi siswa kelas 12 yang mau mengikuti ujian akhir.
Ujian kompetensi syarat apakah para siswa ini kompeten atau tidak.

SMK menekankan soal keahlian, sehingga siswa belajar selama ini bisa diuji dalam ujian kompetensi ini. Beda dengan SMA kalau lulus mereka harus lanjut kuliah kalau SMK sudah miliki keahlian (kompetensi) sehingga bisa cari pekerjaan.

Selain kompetensi SMK juga mengajarkan karakter atau perilaku. Bila lulusan SMK St Don Bosco harus tunjukan perilaku yang baik di tempat kerja supaya merela yang bekerja di perusahaan jangan tanya lulusan dari sekolah mana. Jaga nama baik almamater anda semua. Itu yang paling penting.

Apalah arti para siswa pintar dengan nilai diatas 7,8, 9 tapi perilaku tidak bagus orang akan bertanya dia ini lulus dari sekolah mana. Makanya jaga nama baik sekolah dan nama baik keluargamu.

Kepala Sekolah SMKS St Don Bosco Timika, Nikolaus Teturan, menuturkan ujian kompetensi itu salah satu bagian dari ujian pada para siswa kelas 12. Ujian kompetensi berlangsung selama satu minggu, kemudian minggu depan dilanjutkan dengan USBN.

Anak-anak kelas 12 tinggal beberapa minggu saja ada di sekolah ini setelah ujian USBN anda semua sudah tidak di sekolah ini. Makanya, kata dia waktu ujian dipakai untuk hadir disekolah dalam satu minggu ini dari pagi hingga siang hari.

SMKS St Don Bosco terdiri dari dua jurusan yakni Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Teknik Pengelasan yang menjadi jurusan keahlian para siswa. Untuk itu UK harus diikuti oleh semua siswa dan tidak boleh ada yang tidak hadir.

Dan pembimbing yang memberikan ujian dari dunia usaha dan industri yang ada di kota Timika. Pembukaan UJ jelas dia sudah dibuka oleh Ibu Pengawas SMK mewakili Kepala Dinas
Pendidikan. Nanti ujian akan disampaikan Ketua Jurusan dan para guru kepada para siswa TKJ dan Pengelasan. (mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *