Berita  

Lanal Timika Ukur Batas Tanah 2 Hektar di Mile 21

Timika, mimbarpapua.com –Pangkalan TNI AL (Lanal) Timika pada Sabtu (9/2/2024) mengadakan pengukuran batas tanah yang berlokasi di samping pagar kuning Mile 21. Tanah seluas 2 hektar ini diserahkan tokoh adat Kamoro Nawaripi beberapa tahun silam yang menurut rencana diatas tanah ini akan dibangun Markas Komando (Mako) Lanal yang baru.

Komandan Lanal Timika, Letkol Laut (P) Benedictus Hery Murwantoro, S.H saat di Kantor Perwakilan Lanal, Sabtu (9/3/2024) menuturkan TNI AL melalui Lanal Timika ada tanah yang diserahkan tua adat Kamoro beberapa tahun silam sebesar 2 hektar. Tanah ini belun diukur BPN sehingga hari ini pihaknya mengundang BPN untuk melakukan pengukuran. Setelah tahu lokasinya baru diurus tanah hibah dari masyarakat, tua adat dan pemerintah Kampung Nawaripi.

Soal proses hibah nanti dari belakang di lokasi pariwisata Kampung Nawaripi. ” hari ini petugas BPN sudah turun ukur dan sudah jelas koordinatnya. Setelah pengukuran kami juga akan selesaikan naskah akademisnya sekaligus designnya baru kami ajukan ke pimpinan untuk mendapat persetujuan pembangunan Mako Lanal,” kata Benedictus.

Dia menceriterakan Mako Lanal di Cargo Dock saat ini selalu air naik rutin. Jadi anggota tidak bisa berkantor baik dan solusinya pihaknya akan ajukan ke pimpinan untuk bangun Mako baru di Mile 21. Setelah jelas titik koordinat letak tanah Lanal ini, baru pihaknya bersama Pemerintah Kampung Nawaripi bicara hibah lahan sebesar 50×100 meter persegi.

Penyerahan hibah nanti akan dilakukan secara adat ke Lanal Timika di lokasi Mile 21 juga. Lanal juga bersyukur berdampingan dengan lokasi wisata Kampung Nawaripi. Ke Depan anggota Lanal bisa gunakan lapangan futsal Kampung Nawaripi untuk berolahraga.

Di lokasi tanah milik Lanal Timika ada dua unit rumah yang selama ini belum digunakan. Lokasi tanah milik Lanal jaraknya hanya 75 meter dari aula dan lapangan futsal milik Pemerintah kampung Nawaripi.

Kepala Kampung Nawaripi, Norman Ditubun, menuturkan dengan mengetahui koordinat lahan milik Lanal berarti pihaknya akan segera menyiapkan dokumen hibah tanan seluas 50×100 ke Lanal, dan ke TNI AD, TNI AU dan Kepolisian Polres Mimika. Penyerahan nanti akan berlangsung secara adat oleh Tokoh Adat Kampung Nawaripi.

Disamping lapang Futsal akan dibangun jalan besar sampai ke Kelurahan Wonosari Jaya jalur 7 SP IV.” saya harap Pak Dan Lanal dan tim kerja cepat design Mako, naskah akademis dan gambar lokasi supaya cepat diserahkan ke pimpinan. Dengan hadirnya Mako Lanal para penyerobot tidak berani lagi masuk ke Mile 21,” kata dia.

Penyerahan hibah jelas dia akan sama-sama dengan TNI AD, TNI AU, Kepolisian. Dengan demikian pihaknya akan mempercepat penyiapan dokumennya. Berita acara hibah akan ditandatangani saat itu. Termasuk tandatangan pelepasannya kedua belah pihak para saksi, Pak Lafistrik dan dirinya sebagai kepala kampung. (mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *