Berita  

Vivin Sungkono Kukuhkan Exco dan Lantik Pengurus Askab PSSI Mimika 2023-2027.

Timika, mimbarpapua.com – Plt Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Papua Tengah, Vivin Cahyani Sungkono, resmi mengukuhkan Executive Committee (Exco) atau Komite Eksekutif PSSI Mimika dan melantik Pengurus Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Mimika periode tahun 2023-2027.

Pengukuhan Exco PSSI Mimika dan pelantikan Pengurus Askab PSSI Mimika ini berlangsung di Hotel Horison Ultima Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Minggu (24/12/2023).

Vivin Sungkono yang juga selaku Exco PSSI Pusat sekaligus Wakil Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat itu, didampingi Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Mimika, Simon Kasamol, mengukuhkan Exco PSSI Mimika dan melantik Pengurus Askab PSSI Mimika.

Adapun tujuh orang yang dikukuhkan dalam susunan Exco PSSI Mimika yakni, Capt. Nalio Jangkup, Raimondus A. Kelanangame, Vebian Magal, Abraham Y. Kateyau, Edi Omaleng, Jacob Toisuta dan Elisabeth Tsenawatin.

Sedangkan pelantikan terhadap Pengurusan Askab PSSI Mimika periode 2023-2027 yang diketuai oleh Capt. Nalio Jangkup dan wakil ketua Raimondus A. Kelanangame.

Vivin Sungkono dalam sambutannya mengatakan, proses pengukuhan dan pelantikan hari ini, menjadi pondasi untuk perkembangan Askab PSSI Mimika ke depan dan seterusnya.

“Hari ini kita sudah sah, sudah mendapatkan Ketua Askab PSSI Mimika yang baru beserta seluruh jajarannya yang sudah dilantik dan dikukuhkan hari ini oleh saya, didampingi pak Simon Kasamol sebagai Ketua Harian KONI Mimika,” demikian kata Vivin Sungkono dalam sambutannya.

Pengukuhan dan pelantikan ini diketahui berdasarkan hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Askab PSSI Mimika yang dilakukan pada Senin, 23 Oktober 2023 di Hotel Swiss-Belinn Timika, Capt. Nalio Jangkup terpilih secara aklamasi.

Nalio Jangkup dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada perwakilan klub-klub sepakbola di Mimika yang telah memilih dirinya saat pelaksanaan kongres luar biasa, dalam hal ini ia dipercaya mengurus Askab PSSI Mimika periode tahun 2023-2027.

“Saya siap untuk melaksanakan kegiatan olahraga sepakbola yang ada di Kabupaten Mimika atas kepercayaan yang diberikan klub-klub, sekaligus hari ini kami pengurus dikukuhkan oleh PSSI Pusat, Asprov PSSI Papua Tengah. Untuk itu saya siap laksanakan,” kata Nalio Jangkup.

Adapun agenda ke depan yang direncanakan Nalio, bagaimana para pemuda bisa fokus dalam mengembangkan olahraga sepakbola, sebab Nalio melibatkan para pemuda yang ada di Mimika terutama pemuda asli Amungme-Kamoro.

“Tetap juga kita akan lihat semua klub-klub yang ada. Kita juga siap membantu klub-klub. Kalau bisa tahun depan kita akan registrasi ulang bagi teman-teman yang punya niat untuk kembangkan olahraga,” katanya.

Dalam waktu dekat, kata Nalio, Askab PSSI Mimika akan menggelar pra PON atau babak kualifikasi PON Aceh-Sumut tahun 2024. Agenda ini menjadi prioritas Nalio sebagai Ketua Askab PSSI Mimika yang baru.

“Saya siap berkoordinasi dengan Provinsi Papua Tengah untuk kita sukseskan babak kualifikasi pra PON untuk Aceh-Sumut nanti. Kalau memang jadi, kami akan jadi tuan rumah untuk babak kualifikasi sepakbola putra, futsal putra dan putri. Soal kesiapan, kami Mimika siap, dari segi fasilitas oke, semua kami siap untuk menjalankan itu,” bebernya.

Dalam waktu dekat juga Askab PSSI Mimika akan mengadakan Rapat Kerja (Raker) untuk menyusun program-program yang akan dilaksanakan pada tahun 2024. Didalamnya akan diperbanyak kompetisi, kemudian melihat klub-klub dengan memberikan dana pembinaan.

“Itu menjadi konsentrasi kami. Terkait kepelatihan, wasit terkait lisen-lisennya, begitu juga pelatih-pelatih, mungkin kami akan sekolahkan dan lain sebagainya. Mungkin hal-hal seperti itu yang akan saya lakukan,” ungkapnya.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan ini, kami siap untuk menjalankan organisasi ini. Komunikasi yang baik antar pengurus dan siapa saja, semua akan berjalan baik,” tandasnya. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *