Berita  

Perkembangan Teknologi dan Pengaruhnya Terhadap Dunia Pendidikan

Opini

Perkembangan Teknologi dan Pengaruhnya Terhadap Dunia Pendidikan

Oleh : Rizqullah Atsir Dafa Childyasa Nusa
Mahasiswq Muhammadiyah
Malang Prodi Informatika

Perkembangan Teknologi yang sangat pesat ini telah memberikan pengaruh yang signifikan dalam dunia Pendidikan. Pendidikan di era sekarang dituntut untuk selalu menyesuaikan perkembangan teknologi di era ini, agar dapat menyesuaikan kurikulum pendidikan saat ini dan dapat meningkatkan mutu pendidikan.

Teknologi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari semua aspek kehidupan manusia, termasuk dalam dunia Pendidikan.

Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan banyak memunculkan inovasi-inovasi baru yang dapat menunjang proses pembelajaran.

Salah satunya adalah semakin banyak variasi media pembelajaran yang dapat digunakan, contohnya seperti media pembelajaran online dengan menggunakan aplikasi modern seperti zoom, google meet,

Di sisi lain, apabila perkembangan teknologi tidak dimanfaatkan dengan baik, maka akan berdampak pada semakin menyempitnya faktor ruang dan waktu yang menjadi aspek penentu keberhasilan dalam penguasaan ilmu pengetahuan.

Penggunaan Teknologi di dunia Pendidikan dapat memberikan dampak positif dan negatif. Dampak positif antara lain mempermudah guru dalam mengajar peserta didik dengan hasil yang ingin dicapai. Perkembangan teknologi dapat meberikan akses pendidikan yang lebih luas dan mempermudah proses

Pembelajaran jarak jauh. penggunaan Teknologi juga memiliki dampak negatif, yaitu akan ada perubahan perilaku yang dilakukan oleh peserta didik yang bisa merusak norma, aturan pendidikan dan moral dalam kehidupan sosial.

Pertumbuhan teknologi dalam dunia Pendidikan juga memiliki tantangan tersendiri. Salah satu contohnya yaitu ketidaksetaraan akses. Dalam konteks ini maksudnya adalah tidak semua wilayah memiliki akses yang setara terhadap teknologi.

Contoh lainnya yakni keterbatasan sumber daya untuk pemanfaatan teknologi Pendidikan. Hal ini lebih kepada sumber daya lain seperti internet, keterbatasan kuota, serta infrastruktur teknologi.

Dalam hal ini, pendidik dan peserta didik dituntut untuk memiliki kemampuan dalam proses pembelajaran yang tentunya berbeda dengan pembelajaran di zaman dahulu. Oleh karena itu, pendidik dan peserta didik harus mampu merealisasikan antara kemajuan teknologi dengan proses belajar mengajarnya.

Perkembangan teknologi memberikan pengaruh signifikan dalam dunia pendidikan. Penggunaan Teknologi di dunia Pendidikan dapat memberikan dampak positif dan dampak negatif.

Oleh karena itu, pendidik dan peserta didik harus mampu mengoptimalkan pengunaan teknologi dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di era ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *