Berita  

Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika Laksanakan Rakor dan Rencana Kontingensi Penanganan Kecelakaan Pesawat Udara

Timika, mimbarpapua.com – Senin pagi (20/11/23) Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) SAR Daerah dan membuat rencana kontingensi dalam penanganan kecelakaan pesawat udara yang dihadiri oleh beberapa instansi terkait baik dari TNI, POLRI, Pemerintah Daerah, Instansi vertikal serta perusahaan penerbangan yang ada di wilayah Kabupaten Mimika.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Horison Diana dibuka langsung oleh asisten satu Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika Roberth Kambu, S.E.

Dalam sambutannya Robert Kambu, S.E. mengatakan “Seiring dengan perkembangan Kabupaten Mimika, Transportasi Udara menjadi solusi menjangkau wilayah terutama di Distrik Pegunungan, solusi tersebut mengandung konsekuen logis terjadinya kecelakaan, untuk itulah Basarnas sesuai tugas dan fungsinya hadir di tempat ini guna memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat.
Dalam memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat Basarnas membutuhkan kerja sama dengan potensi SAR yang ada di Kabupaten Mimika, sehingga pada hari ini Rapat Koordinasi SAR dilaksanakan bersama potensi SAR Khususnya pada satuan, instansi dan organisasi swasta penerbangan”.
Dirinya menambahkan melalui rapat koordinasi ini diharapkan para Komandan TNI, POLRI, Pimpinan Instansi vertikal, dan OPD serta pimpinan swasta dari pihak penerbangan dapat bersinergi khususnya didalam membuat dan menandatangani rencana kontingensi yang akan disepakati bersama guna mendukung Basarnas dalam melaksanakan misi kemanusiaan di Kabupaten Mimika.
Dalam kegiatan tersebut juga telah dilaksanakan penandatanganan terkait LOCA (Latter of Operational Coordination Agreement) bersama BMKG, otoritas Bandara, AVCO dan Rumah Sakit Umum Daerah yang dilakukan untuk sinergitas penanganan kedaruratan khususnya di wilayah Kabupaten Mimika. (Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *