Berita  

Satgas Operasi Damai Cartenz kembali melaksanakan penyelamatan Dengan mengevakuasi 9, Korban KKB Yahukimo.

Polisi saat Bersama Korban Selamat

Timika, mimbarpapua.com – Yahukimo- Satgas Operasi Damai Cartenz 2023 kembali melaksanakan penyelamatan dan mengevakuasi 9 Korban Selamat dari Aksi Penembakan dan pembuhunan KKB Egianus Kogoya, di Kali I lokasi penambangan Distrik Seradala Kabupaten Yahukimo Selasa malam, (18/10/2023)

Kegiatan ini melibatkan 41 Personel Gabungan Satgas Damai Cartenz, Brimobda Papua dan Polres Yahukimo, Kegiatan dipimpin langsung oleh Kabagops Polres Yahukimo AKP Alwy Wayrooy.

Ka Ops Damai Cartenz 2023 Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani S.Sos, S.I.K, M.H menyampaikan bahwa pihaknya pada selasa malam menerima informasi bahwa ada warga selamat dari KKB yang  datang ke Pos Brimob Kali Kolof Distrik Seradala Kabupaten Yahukimo,

“Kemarin malam, Kami menerima informasi bahwa masih ada warga yang selamat dan melarikan diri dari Serangan KKB.

1 orang warga sipil mengamankan diri ke Pos Pam Brimob Kali Kolof dan 8 orang warga sipil lainnya di Pos Bravo Brimob Kompi 3 Yon D Kali Kolof. Kemudian Kami perintahkan Tim untuk segera melaksanakan penyelamatan dan evakuasi korban tersebut,”. Ujar Faizal.

Dan Pukul 20.13 WIT, Personel gabungan bergerak dari Polres Yahukimo menuju Pos Pam Brimob Kali Kolof untuk penyelamatan 1 korban. Kemudian Pukul 22.27 WIT Tim bergerak dari Pos Pam Brimob Kali Kolof menuju Pos Bravo Kompi 3 Yon D untuk evakuasi 8 warga lainnya.” Tambah Faizal.

Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Dr. Bayu Suseno S.H, S.I.K, M.H menyatakan bahwa total korban selamat yang sudah dievakuasi sebanyak 20 orang.

“Jadi tadi siang kita sudah mengevakuasi sebanyak 11 orang selamat, malam ini 9 orang jadi total seluruhnya korban selamat sebanyak 20 orang,”. Ujar Bayu

Adapun identitas 9 warga yang selamat yang berhasil di evakuasi sebagai berikut:

  1. Sidru alias Boy (Suku Sangir)
  2. Nur Saleh (Suku Bugis)
  3. Muhktar (Suku bugis)
  4. Hasbi (Suku Jawa)
  5. Ismail (Suku Makassar)
  6. Ian (Suku Toraja)
  7. Marten luko (suku toraja)
  8. Tinus padatuan (suku toraja)
  9. Saharuddin (Suku bugis)

Sementara para Korban yang selamat telah dievakuasi ke Polres Yahukimo, untuk mendapatkan pengobatan dan untuk identifikasi para pelaku KKB.

“Para korban selamat semua sudah ada di Polres Yahukimo, dan sudah kami berikan tempat istirahat, makanan serta pengobatan bagi yang luka. Kemudian kami mintai keterangan untuk identifikasi para pelaku (KKB),”. Ujar Bayu.

Bayu juga menegaskan kedepan pihaknya akan terus melakukan patroli di sekitar lokasi penembakan dan pembunuhan untuk menolong warga apabila masih ada warga selamat lainnya.

“Kedepan Kami akan rutin melakukan patroli gabungan di radius TKP untuk memastikan bahwa sudah tidak ada lagi warga selamat yang berada di TKP”. Tutup Bayu. (Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *