Berita  

KasKostrad Mayjend M Saleh Resmikan Air Bersih Program TNI Manunggal Air di Nawaripi

Timika, mimbarpapua.com – Kas Kostrad TNI AD Mayjend Muhammad Saleh meresmikan fasilitas air bersih yang merupakan program TNI Manunggal Air di Kampung Nawaripi, Selasa (19/9/2023). Kaskostrad juga meninjau pembangunan MCK disamping Pos PK yang juga bantuan TNI AD.

Dalam sambutannya Mayjend Mohammad Saleh berterima kasih kepada masyarakat Timika khususnya masyarakat Nawaripi yang telah menerima program TNI Manunggal Air. Air merupakan kebutuhan dasar bagi kehidupan manusia. Sejak lahir manusia butuh air. Dialam semesta air selain sebagai kebutuhan dasar juga untuk menghidupi tanaman. Tanaman berfungsi sebagai penyiap oksigen dan sumber pangan bagi manusia. Tanaman sebagai sumber protein nabati, sebagai sumber vitamin bagi pertumbuhan dan perkembangan manusia.

Maka TNI Manunggal Air sebagai program utama TNI AD bagi bangsa ini. Dengan air manusia Indonesia bertahan hidup, bangsa yang kuat, bangsa yang sehat. Dengan air mau buat apa saja bisa.

Dia menuturkan jika orang selalu mengatakan air sumber hidup, memang benar air menghidupkan seluruh makluk hidup diatas muka bumi ini termasuk di Nawaripi. Air yang dibangun TNI AD merupakan sumber air baku yang bisa diminum dan bisa dipergunakan oleh masyarakat di Kampung Nawaripi ini.

” Ada salam dari Bapak Komandan Kostrad buat masyarakat Nawaripi sekaligus beliau menyampaikan selamat menikmati air bersih. Air ini yang bisa kami persembahkan untuk masyarakat Indonesia di Kampung Nawaripi agar tetap sehat, bugar dan kuat.

Kepala Kampung Nawaripi, Norman Ditubun yang diberi kesempatan menyampaikan sambutan mengucapkan terima kasih kepada Kasad, Pangkostrad, Kaskostrad, Komandan Brigif 20 IJK, Dandim 1710 Mimika yang memberi perhatian kepada Kampung Nawaripi melaluinprogram TNI Manunggal Air dengan membangun fasilitas air bersih dan beberapa unit MCK.

Masyarakat Nawaripi sudah menanti cukup lama dan baru sekarang air bersih hadir di Timika. ” Terima kasih Bapak Pangkostrad dan Kaskostrad yang terus memberi perhatian kepada kami masyarakat Nawaripi. Sebagai anak bangsan kami masih butuh bantuan banyak lagi dan bapak-bapak jangan jenuh jika kami datang meminta,” terang Norman.

Tokoh Masyarakat Nawaripi Polikarpus Owemena mengucapkan terima kasih atas bantuan TNI AD dan pemerintah pusat. Terima kasih juga untuk Pangkostrad dan Kaskostrad serta jajaran perwira tinggi di tubuh Kostrad yang telah menjawab sedikit keluhan masyarakat Nawaripi.

Kata Polikarpus jika tahun ini TNI AD bersama Kostrad baru bangun satu unit di RT 3 mungkin tahun depan bisa tanbah lagi. Selain air bersih pihaknya butuh rumah layak huni karena di Nawaripi dalam satu rumah tinggal 3-4 keluarga.

Tokoh Nawaripi lainnya Siprianus Operawiri menuturkan TNI AD tahun ini bangun satu unit air bersih. Tahun depan bisa bangun tambah lagi karena di Nawaripi ada 4 RT itu orang asli Semua.

” saya berpesan dan berharap ke Bapak Kaskostrad untuk meneruskan permintaan kami ini ke Pangkostrad dan Kasad kalau kami butuh tambahan fasilitas air bersih karena di kampung ini ada 20 RT termasuk 4 RT orang asli,” terang Siprianus.

Fasilitas air bersih yang dibangun TNI AD di Kampung Nawaripi tepatnya di RT 3 dengan kedalaman sumur bor sedalam 30 meter. Air bersih, tanpa bau dan bisa diminum. Dengan peresmian ini warga sekitarnya bisa mengambil air ini untuk cuci, mandi dan masak.

Hadir dalam peresmian ini Asisten Logistrik Kostrad, Staf Ahli Bupati, Septinus Timang, Komandan Brigif 20 IJK, Dandim 1710 Mimika, Danyon 754 ENK, Komandan Satrad TNI AU, Perwira Menengah yang mewakili Kapolres Mimika, Kadistrik Wania, Kapolsek Mimika Baru, kepala kampung Nawaripi, tokoh adat, tokoh masyarakat dan warga Kampung Nawaripi. (mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *