Berita  

Kampung Nawaripi Selenggarakan Upacara Peringatan HUT RI ke 78, Kepala Kampung Jadi Inspektur Upacara

Timika, mimbarpapua.com – Pemeeintah Kampung Nawaripi dipercayakan Kodim 1710 Mimika untuk menyelenggarakan upacara peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus 2023 dan Kepala Kampung Nawaripi Norman Ditubun bertindak sebagai inspektur upacara (Irup).

Upacara peringatan kemerdekaan RI dipandu petugas dari TNI AD dari Kodim 1710 Mimika melalui Koramil 1710 01 Timika atau Koramil Kota. Upaca mulai jam 09.00 wit dihadiri aparatur kampung, Bamuskam, Ibu-ibu PKK, anak sekolah SD, SMP dan SMK YPNU bersama para guru, Kepala Dusun, RT, dan warga yang ada di Kampung Nawaripi. Mereka semua masuk dibarisan peserta upacara.

Upacara berlangsung hikmat saat bendera merah putih dikerek naik oleh tiga anggota TNI AD dari Koramil Kota serta diiringi lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan peserta upacara dengan iringan musiknya. Untuk teks Proklamasi dibaca oleh Ketua Bamuskam, Derek Maoromako dan dilanjutkan doa yang disampaikan salah satu tokoh agama Yohanes Dadi.

Sedangkan Komandan Upacara adalah putra Mimika yang sehari-hari adalah Babinsa TNI AD di wilayah Nawaripi dan sekitar

Usai upacara dilanjutkan dengan demonstrasi pesawat Sukoi oleh anggota TNI AU dari lanud Yohanes Kapiyau Timika. Demonstrasi pesawat mengundang antusias pezerta upacara, anak-anak sekolah bsserta warga yang melintasi jalan Yohanes Urumami. Melihat demonstrasi pesawat diudara mengundang minat anak-,anak Nawaripi untuk mau sekolah jadi pilot pesawat.

Kepala Kampung Nawaripi, Norman Ditubun mengucapkan terima kasih kepada Dandim 1710 Mimika yang memilih Kampung Nawaripi untuk menyelenggarakan upacara 17 Agustus sendiri. Terima kasih juga kepada Polres Mimika yang mendukung ketertiban dan keamanan wilayah Nawaripi selama ini. Terlebih Pos PK yang aktif jaga Nawaripi sehingga tetap aman selama menjelang hari kemerdekaan 17 Agustus 2023. Terima juga kepada Dan Lanud Timika yang memilih Kampung Nawaripi untuk demo pesawat Sukoi pad peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke 78.

Dia berharap kerjasama terus ditingkatkan dalam waktu mendatang dan Kampung Nawaripi terus mendapat kepercayaan dalam kegiatan seperti ini.

Usai demonstrasi pesawat dilanjutkan dengan lomba memasak antar Dusun di wilayah Nawaripi dengan dewan juri Ibu Ketua PKK Distrik Wania, Ibu Yohana Arwam, dan Ibu dari Bagian Gizi Puskezmas Wania. Kemudian dilanjutkan dengan lomba panjat pinang pada sore hari. (mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *