Berita  

Selama Januari-Juli Puskesmas Wania Jaring 7000 Lebih Warga Terpapar Malaria

Pj Puskesmas Wania, Anita Yusniwati

Timika, mimbarpapua.com – Selama psriode Januari hingga Juli 2023 Pojok Malaria Puskesmas Wania berhasil menjaring serta  mengobati warga yang positif terpapar malaria sebanyak 7000 lebih. Memang malaria masih terbilang tinggi buktinya saja di wilayah Puskesmas Wania saja dalam satu bulan diperkirakan 1000 lebih warga yang positif malaria.

Pj Malaria Puskesmas Wania, Anita Yusniwati saat ditemui di kantor yayasan Yuamako, Rabu (9/8/2023) menuturkan dari jumlah 7000 ribu lebih itu sesuai data yang ada pada Pojok Malaria Puskesmas.Wania.

Dia menuturkan dalam beberapa bulan belakangan ini musim hujan, warga diminta untuk berhati-hati jika ada air yang tergenang disekitar lingkungan rumah, karena itu pemicu hidup dan berkembangbiak nyamuk malaria.

Kemudian pada malam hari sebaiknya warga selalu ada dalam rumah, jika keluar rumah kenakan baju lengan panjang, atau pakai lotion anti nyamuk. Bagi pasien malaria harus patuh minum obat sampai habis.

Pasien yang tidak patuh jika sudah baik lepas obat dan tidak telan lagi. Pasien diimbau patuh minum obat sampai habis supaya obat membunuh bibit dan parasit malaria dalam tubuh.

Dengan angka seperti ini terang dia petugas butuh kerjasama masyarakat untuk menekan angka ini, dengan cara patuh minum obat sampai selesai. Kemudian malam hari sebaiknya dalam rumah saja, kalau mau keluar sebaiknya kenakan baju lengan panjang dan pakai lotion, jaga lingkungan rumah dan pekarangan agar tidak tergenang air dan selalu bersih dari sampah. (mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *