Berita  

Hari Ini Puskesmas Wania Selenggarakan Pengobatan Gratis di Kampung Nawaripi

Petugas Medis saat melakukan pengobatan gratis di Kantor Yaumako

Timika, mimbarpapua.com – Selasa pagi (8/8/2023) Puskesmas Wania menyelenggarakan pengobatan dam pemeriksaan kesehatan gratis di Kampung Nawaripi bertempat di gedung yayasan Yuamako. Selain itu ada sosialisasi dan pelayanan kesehatan di SD Inpres Nawaripi.

Petugas senior dan PJ Malaria Puskesmas.Wania, Anita Yusniwati kepada media kampung Nawaripi mengatakan program ini sebetulnya kerjasama kampung Nawaripi, puskesmas Wania dan PT Freeport Indonesia (PTFI) yang sudah dilaksanakan sejak 3 Agustus lalu hingga tanggal 14 Agustus mendatang.

Untuk Nawaripi kata Anita, sudah jalan di sekolah-sekolah dan beberapa RT. Bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI maka pemerintah kampung dan panitia memfasilitasi tempat yaang lebih luas sehingga petugas melaksanakan pengobatan.

Fokus pengobatan dan pemeriksaan ini terang dia lebih pada malaria, pemeriksaan dahak umtuk mengetahui TB dan beberapa penyakit lainnya. Tim yang turun ada 15 orang terdiri dari pojok malaria, TB, HIV/AIDS, penyakit tidak menular. Umtuk hari ini cukup banyak dan kegiatan ini masih lanjut hingga tanggal 14 Agustus mendatang.

Ketua Panitia HUT RI ke 78 Kampung Nawaripi, Kosmas Horokubun, saat dimintai tanggapannya mengenai kegiatan hari ini menuturkan pengobatan gratis ini sebetulnya kegiatan bersama Kampung Nawaripi, kerjasama dengan PTFI dan Puskesmas Wania, maka panitia dan pemerintah Kampung Nawaripi, memfasilitasi tempat yang lebih besar. Apalagi bertepataan dengan kegiatan HUT RI ini sehingga kegiatan ini dipusatkan di Kantor Yayasan Yuamako.

Kegiatan ini terang Kosmas sudah berlangsung sejak 3 Agustus kemarin dan berakhir pada 14 Agustus mendatang. Dan tanggaal 14 Agustus ada pengobatan massal dan pembagian bama dari CLO PTFI yang bertempat di kantor yayasan Yuamako Nawaripi.

Untuk kegiatan HUT RI jelas dia panitia sudah menyepakati beberapa kegiatan yakni lomba kebersihan antar RT, lomba memasak, lomba karoke lagu perjuangan, panjat pinang, dan beberapa yang lain.

Lomba ini terang dia sebagai bentuk mengajak partisipasi masyarakat dalam memeriahkan dan memaknai arti kemersekaan dan juga menjalin silahturahmi kebangsaan agar persatua dan persaudaraan semakin kuat tertanam dalam hati masyarakat. (mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *