Berita  

Fornas Jadi  Ajang Memasyarakatkan  Olahraga Masyarakat, Kali Ini 25 Ribu Penggiat dari 38 Provinsi

Tim Fornas Papua Tengah

Timika, mimbarpapua.com – Festival Olahraga Masyarakat Indonesia (Fornas) VII di Bandung, Jawa Barat pada 2-9 Juli hendaknya dijadikan ajang memasyarakatkan, menghidupkan dan melestarikan  kembali olahraga masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Pengembangan Sumber Daya Manusia (Menko PMK), Muhajir Efendi saat menyampaikam sambutan  pada pembukaan Fornas VII Bandung di Stadion  Sejalak Harupan Bandung, Kabupaten Bandung.

Fornas VII Bandung ini dengan mengikutkan 25.000 penggiat dari 38 Provinsi di Indonesia itu berarti masyarakat Indonesia sadar untuk melestariksn olahraga yang sebelumnya pernah hidup di tengah masyarakat.

Muhajir mewakili Presiden Jokowi  menyampaikan permintaan maaf presiden tidak bisa ikut dalam pembukaan Formas karena akan melakukan kunjumgan ke luar negeri pada Senin pagi. Sesuai UU No 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan mengatur tiga hal yakni olahraga pendidikan, olahraga masyarakat dan olahraga prestasi. Fornas VII yang diikuti 25 ribu penggiat dari 38 provinsi ini berarti peran serta masyarakat di daerah begitu tinggi dalam menghidupkan olahraga masyarakat ini.

Fornas menjadi olahraga masyarakat dengan harapan masyarakat Indonesia sehat, bugar dan gembira. Fornas bukan untuk mencari prestasi tapi mengutamakan kebugaran agar masyarakat Imdonesia sehat. Pemerintah bersama Kormi nasional akan terus berbenah memperbaiki sistim sehingga ada peningkatan sistim pada setiap ajang Fornas.

Ketua Umum Kormi Nasional, Hayono Isman mengucapkan terima kasih perhatian pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kabupaten/kota seluruh Idonesia dalam  perhelatan Fornas tiap dua tahun sekali ini.

Dengan hadirnya 25 ribu penggiat dari semua Inorga itu berarti Kormi telah mendapat tempat di masyarakat.  Dalam Fornas kali ini ada ada Inorga yang dilombakan, ada yang ikut eksebishi khusus, ada juga eksenishi umum.

Hayono mengatakan Fornas Bandung harus lebih baik dari Fornas sebelumnya. Ada banyak Inorga yang dilombakan, dan ada juga yang ikut eksebishi. Terima kasih kepada Pemerintah Provinsi  Jawa Barat, lebih khusus Pemerintah Kabupaten Bandung, Kormi Jabar dan Kormi Kabupaten Bandung dalam persiapan menyukseskan Formas ini. Dengan acara pembukaan yang meriah ini pertanda Fornas kali ini akan lebih baik dari yang sebelumnya.

Bupati Bandung Dadang Supriatna, sebagai tuan rumah  menyampaikan selamat datang kepada penggiat, pegiat, Inorga dan pengurus Kormi dari 38 provinsi di Indonesia

Di Kabupaten Bandung Jabar ini sejak terpilih Kabupaten Bandung jadi tuan rumah pemerintah dan masyarakat Bandung sudah mempersiapkan venue-venue untuk sukseskan Fornas ini.

Kabupaten Bandung juga memiliki tempat wisata silahkan saudara-saudara dari daerah nikmati tempat wisata di Kabupaten Bandung ini.

Kormi Papua Tengah dalam Fornas kali ini mengikutkan 6 Inorga dengan beberapa mata lomba. Tim Papua Tengah yang ikut dari Kormi Mimika, Kormi Puncak Jaya dan Kormi Nabire.

Sekretaris Kormi Papua Tengah Habel Taime dalam apel sebelum pembukaan Fornas mengatakan duta Fornas dari Papua Tengah bawa nama pemerintah dan masyarakat Papua Tengah jadi hargai itu.

” kita sampai disini bawa nama masyarakat dan pemerintah ingat itu. Kita pakai seragam ini karena masyarakat dan pemerintah. Tolong kita camkan ini baik-baik,” kata Habel.

Untuk itu masing-masing Inorga koordinasi secara baik soal jadwal lomba dan sampaikan ke panitia dan Pengurus Kormi.

Hadir dalam pembukaan Fornas Bandung, Menteri Pemuda dan Olahraga, Gubernur Jawa Barat,  para gubernur dari sejumlah provinsi, para bupati dan walikota se Provinsi Jawa Barat. (mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *