Berita  

STIE JB Ikut Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional

Timika, mimbarpapua.com – Dua mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Jambatan Bulan Timika mengikuti ajang debat Bahasa Inggris tingkat nasional yang berlangsung di Provinsi Banten. Lomba debat ini adalah program Kementrian Pendidikan, Riset dan Teknologi yang bekerjasama dengan perguruan tinggi di Indonesia.

Pendamping mahasiswa sekaligus admin STIE JB, Sofian Hidayat saat ditemui di Bandara Mozez Kilangin Timik sebelum terbang ke Jakarta, Sabtu (3/6/2023) mengatakan debat tingkat nasional melibatkan berbagai universitas di Indonesia. Dari Papua dan Papua Barat ada 5 perguruan tinggi yang ikut dan salah satunya STIE JB Timika.

Menurut dia, dirinya ikut selain sebagai pendamping juga sebagai yuri dalam lomba ini. Lomba ini kata dia sebelumnya sudah berlangsung di tingkat daerah yakni Papua dan Papua Barat. Debat tingkat daerah ini terpilihlah 5 perguruan tinggi yang lolos ke ajang nasional.

Untuk materi debat kata dia sebelum debat masing-masing peserta menarik undi (tarik lot tema dan soal). Hasil tarik lot maka yuri menyampaikan materinya lalu masing-masing peserta mulai debat. Tema dan mateei debat itu materi umum karena mahasiswa yang datang dari berbagai perguruan tinggi dari seluruh Indonesia berasal dari macam-macam disiplin ilmu.

Dia menerangkan debat akan berlangsung mulai tanggal 5 hingga 12 Juni di salah satu perguruan tinĝgi di Provinsi Banten sana.

Kepala Badan Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni STIE JB, Habel Taime,SE MM saat melepas mahasiswa yang mengikuti debat tingkat nasional di Banten, mengatakan
atas nama Civita Akademika STIE JB Timika mengucapkan selamat mengikuti lomba debat antar perguruan tinggi di tingkat Nasional Jakarta.

Kata dia debat menjadi bagian penting di era global, menuntut wawasan yang luas seeta berkemampuan berbahasa Inggris yang baik, juga kemampuan berargumentasi.

Kemampuan berbahasa yang baik sebagai vibrating atau getaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa dalam berinteraksi. Sedangkan kemahiran dalam berargumentasi akan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk membuat keputusan berdasarkan analisis yang logis dan aktual

Atas nama civita akademika, Kepala BPKA, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni melepas Tim National University Debating Championship (NUDC) STIE JB Timika yang terdiri dari coach dan perwakilan mahasiswa ke ajang Tingkat Nasional pada hari ini Sabtu (3/6/2023).

Satu harapan terang tim debat ini mendapat hasil yang memuaskan Tuhan menjaga perjalanan saudara-saudara pergi dan kembali dengan selamat. (mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *