Berita  

4 Bulan Bertuga, Satgas OPS Damai Cartenz Berhasil Memproses 31 Anggota KKB

Timika, mimbarpapua.com-Satuan Tugas Operasi Damai Cartenz 2023 yang dibentuk guna pemeliharaan keamanan terhadap gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan kelompok Kriminal Politik (KKP) di Wilayah Hukum Polda Papua telah berjalan 4 bulan lamanya dan telah berhasil mengungkap beberapa kasus di Papua. Satuan tugas ini dipimpin oleh Kombes Pol. Faizal Ramadhani, S.Sos, S.I.K., M.H selaku Kepala Operasi Damai Cartenz 2023.

Selama 4 bulan, Satgas Damai Cartenz 2023 telah memproses 31 Anggota Kelompok Krimninal Bersenjata (KKB) di Wilayah Papua.

Kombes Pol. Faizal Ramadhani saat dimintai keterangan mengatakan bahwa 31 Anggota KKB yang telah ditetapkan sebagai tersangka merupakan anggota KKB aktif dan terlibat langsung dalam sederetan aksi KKB selama ini.

Lanjutnya, “Pada Bulan Januari 2023 tepatnya tanggal 11 Januari kami mengamankan SK yang merupakan simpatisan dari KKB. Kemudian pada tanggal 16 Januari, kami melakukan penangkapan terhadap GW yang diduga kuat terlibat dalam pembacokan 2 tukang ojek di Puncak Jaya.

Kemudian Pada tanggal 17 Januari, kami kembali mengamankan ES dan didalam tasnya ES tersebut, berisikan 1 lembar bendera Bintang Kejora. Lalu berlanjut ke tanggal 18 Januari, tim kami kembali berhasil menangkap AH dan MK yang berperan sebagai Pemasok senjata dan amunisi ke kelompok KKB Yahukimo dgn TKP Kabupaten Boven Digoel. Kemudian pada tanggal yang sama juga yaitu tanggal 18 Januari, tim kami mengamankan EG yang berperan sebagai Mata-mata KKB Wilayah Nduga serta mengamankan seorang berinisial YG yang membawa amunisi di Kabupaten Paniai.

Tidak sampai disitu, pada tanggal 22 Januari tim kami kembali berhasil mengamankan 13 simpatisan KNPB Sentani di Jayapura, lalu pada 23 Januari ada penemuan amunisi di TPS SP-2 Timika, dan pada 26 Januari Wakil Bupati Pegunungan Bintang menyerahkan salah satu simpatisan KKB berinisial AK ke aparat. Selain itu, pada tanggal 30 Januari tim kami melaksanakan Penggerebekan di asrama Aksop Kabupaten pegunungan bintang dan berhasil mengamankan 21 orang serta sejumlah Barang Bukti (BB) diamankan. Selepas dari itu pada tanggal 30 Januari telah menyerahkan diri DPO berinisial BL yang terlibat dalam kasus perencanaan membawa senjata ke Kawe (Pendulangan) tepatnya tanggal 18 Januari lalu.

Berlanjut ke Bulan Februari pada tanggal 3 Maret Kembali dilakukan penangkapan terhadap jaringan KKB sebanyak 15 orang di Kab. Jayawijaya, dan pada tanggal 07 Februari tim kami mengamankan jaringan KKB di Wamena, kemudian pada 8 Februari telah diamankan seorang berinisial MK yang terlibat dalam penembakan karyawan PT. Delarosa serta pada tanggal 16 Februari telah diamankan pelaku tindak pidana narkoba dan senjata berserta amunisi. Pada tanggal 21 Februari Satgas Ops Damai Cartenz-2023 kembali berhasil menangkap JM yang merupakan DPO dari Ditreskrimum Polda Maluku Utar dan pada tanggal 22 Februari berhasil mengamankan pemuda berinisial YT yang menyimpan peluru sebanyak 10 butir di Kamp. Kimak Kab. Puncak serta pada 23 Februari kembali diamankan 13 orang dalam kasus isu penculikan anak yang berujung aksi penembakan di Wamena.

Pada Bulan Maret 2023 tepatnya tanggal 5 Maret tim telah berhasil mengamankan masyarakat yang menyimpan senjata api rakitan di Kab. Yahukimo dan pada tanggal 11 Maret telah mengamankan pelaku berinisial EG yang merupakan salah satu pelaku penembakan pesawat Trigana Air di Bandara Kabupaten Yahukimo. Selanjutnya tanggal 16 Maret tim kembali mengamankan 2 (dua) orang yang dicurigai ikut serta dalam pembakaran sekolah SMPN 02 Dekai.

Bulan April, tanggal 3 dilakukan penangkapan KKB yang berinisial WM, KM, UT di Kabupaten Nduga serta mengamankan barang buktinya kemudian pada tanggal 4 April Tim Kembali berhasil mengamankan 2 masyarakat yang membuat senjata api rakitan di Kabupaten Dogiyai. Pada tanggal 5 April dilakukan penangkapan terhadap anggota KKB yang berinisial YM alias BM di Distrik Gome Kabupaten Puncak. Lalu berlanjut ke tanggal 06 April aparat berhasil menangkap seorang anggota KKB wilayah Nduga inisial YL dan pada tanggal 8 April dilakukan penangkapan terhadap LM dan AK di Pelabuhan Jayapura, kedua orang tersebut terlibat dalam pemesanan 300 pasang baju loreng army serta pada tanggal 9 April Kembali lagi dilakukan penangkapan terhadap 3 simpatisan KKB inisial TT, PG dan WT yang berperan mengantarkan bahan makanan ke KKB.

Dari sejumlah kasus tersebut jumlah KKB yang berhasil diamankan sebanyak 31 orang anggota KKB yang terlibat langsung dalam berbagi aksi kekerasan di papua dan tidak menutup kemungkinan jumlah tersebut akan semakin bertambah dikarenakan kasus lainnya yang terkait dengan aksi KKB Papua masih dalam proses penyidikan.(Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *